Rabu, 13 Januari 2016

Filsafat sebagai Terapi Depresi

Filsafat sebagai Terapi Depresi

speckycdn.sdm.netdna-cdn.com

Banyak orang hidup dalam depresi sekarang ini. Tuntutan pekerjaan, masalah rumah tangga serta beragam tantangan hidup lainnya mendorong orang masuk ke dalam depresi. Dalam arti ini, depresi dapat dilihat sebagai keadaan emosional yang dipenuhi kesedihan dan kekecewaan dalam jangka waktu lebih dari dua bulan. Ada beragam teori tentang ini. Namun, dua bulan hidup dalam keadaan batin yang menyakitkan, pada hemat saya, sudah menandakan, bahwa orang masuk ke dalam depresi.
Depresi membuat orang tak bisa menikmati hidup. Segalanya terlihat salah. Hal-hal kecil seringkali memancing beragam emosi negatif di dalam diri. Keadaan ini berlangsung cukup lama, dan seringkali disertai dengan gejala senang berlebihan, yang kemudian dilanjutkan pula dengan kesedihan berlebihan.

Depresi biasanya dipicu oleh rangkaian peristiwa menyedihan dan menyakitkan, seperti kehilangan anggota keluarga, kegagalan di dalam karir atau sekolah, sakit berkepanjangan atau perceraian. Keadaan ini membuat tubuh dan pikiran seseorang tertekan, jauh melampaui batas yang mampu ditanggungnya. Pikirannya kacau, karena selalu bergerak ke masa lalu yang penuh penyesalan, dan masa depan yang penuh kecemasan. Tubuhnya pun melemah, karena dalam keadaan seperti ini, orang tak mampu beristirahat dengan cukup, dan nafsu makan serta minum pun menurun.

Terapi Depresi
Ada beragam terapi yang ditawarkan. Namun, pada hemat saya, banyak hanya merupakan omong kosong. Orang diminta untuk menghabiskan waktu dan uang hanya untuk menjalani terapi yang dipenuhi janji palsu belaka. Akan tetapi, ada satu alternatif yang mungkin belum banyak dicoba orang, namun memiliki kemungkinan besar untuk berhasil, yakni filsafat sebagai terapi.
Tidak semua jenis filsafat bisa berfungsi sebagai terapi. Banyak pemikiran filsafat yang justru menjadi sumber depresi. Abstraksi berlebihan justru menumpulkan kepekaan orang pada kenyataan hidup. Jenis filsafat ini sungguh harus ditanggapi secara kritis.

Akan tetapi, ada jenis filsafat lainnya yang dikembangkan di masa Yunani Kuno dan Romawi di Eropa, yakni filsafat Stoa. Tokoh yang menjadi acuan saya disini adalah seorang Kaisar Romawi bernama Marcus Aurelius. Ia menuliskan gagasannya di dalam buku yang berjudul Meditations. Ia bukan hanya seorang kaisar yang bijak memimpin, tetapi juga seorang pemikir yang mendalam.

Kontrol dan Kesadaran
Ada dua ide darinya yang kiranya cocok menjadi dasar dari terapi filosofis untuk despresi, yakni kontrol diri dan kesadaran. Kontrol diri berarti kemampuan orang untuk mengendalikan perasaan dan pikirannya di hadapan berbagai bentuk keadaan. Kesulitan dan tantangan yang datang dari luar diri tidak mempengaruhi stabilitas batinnya. Kemampuan ini tidak datang hanya dengan pengetahuan intelektual semata, tetapi dengan latihan dari kegiatan sehari-hari yang berpijak pada kesadaran.

Dalam arti ini, kesadaran merupakan kemampuan orang untuk menjalani hidup dari saat ke saat dengan sepenuh hati dan pikirannya. Ketika ia makan, maka ia sepenuhnya makan. Ketika ia berjalan, maka ia sepenuhnya berjalan. Pikirannya tidak bergerak ke tempat lain. Pikirannya juga tidak bergerak ke masa lalu, ataupun masa depan.

Dengan melatih kesadaran semacam ini, orang akan menemukan kedamaian di dalam hatinya. Ia menjalani saat ke saat dalam hidupnya dengan ketenangan batin. Ia pun lalu mampu mengendalikan emosi dan pikirannya di hadapan berbagai keadaan. Kesulitan hidup tidak membuat batinnya tergoyahkan. Ia tidak akan mengalami depresi.

Di dalam filsafat Yunani kuno, kaum Stoa menganjurkan setiap orang untuk melatih kesadaran dari saat ke saat semacam ini. Filsafat Timur sudah lama melihat kesadaran semacam ini sebagai sumber dari segala kebijaksanaan hidup. Di dalam Zen Buddhisme dijelaskan, bahwa kebenaran dan kesejatian hanya dapat ditemukan disini dan saat ini, bukan di tempat atau di waktu yang lain. Ilmu pengetahuan modern menyebut kesadaran ini sebagai Achtsamkeit, dan ia sudah banyak diteliti sebagai salah satu bentuk terapi terbaik untuk beragam bentuk penyakit kejiwaan.

Kontrol diri hanya bisa dibangun dengan kesadaran diri. Inilah filsafat yang amat sederhana, tetapi banyak orang sulit menjalankannya, karena pikirannya terlalu rumit. Mereka mau menjalani terapi yang mahal dan rumit, walaupun tidak banyak membuahkan hasil. Namun, terapi yang berpijak pada pemikiran Stoa dan Marcus Aurelius ini tidak membutuhkan biaya apapun. Anda hanya perlu mencobanya, dan merasakan sendiri hasilnya. Jadi tunggu apa lagi?

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PAT MATA PELAJARAN IPA (PENILAIAN AKHIR TAHUN) KELAS VI BY QUIZIZZ

Assalamualaikum anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini? semoga selalu dalam keadaan sehat, ya. Karena sudah memasuki waktu PAT, kali ini Ib...