Kamis, 29 Oktober 2015

REMAJA PENGGILA GADGET RENTAN 

TERKENA STRESS




Anak muda atau kaum remaja yang kerap mengutak-utik ponsel atau komputer memiliki risiko yang lebih besar mengalami gangguan tidur, stres, dan juga mudah alami gangguan kesehatan mental.
Peneliti Sara Thomee dari Akademi Sahlgrenska di Universitas Gothenburg di Swedia melakukan empat penelitian yang berbeda guna melihat bagaimana penggunaan komputer dan ponsel memengaruhi kesehatan mental kaum remaja.

Studi-studi itu berupa kuesioner untuk 4.100 orang berusia 20-24 tahun dan wawancara dengan 32 pemuda pengguna teknologi informasi dan komunikasi. Terungkap, penggunaan intensif dari ponsel dan komputer dapat dihubungkan dengan stres, gangguan tidur, dan gejala depresi, menurut pernyataan Gothenburg.

"Kesimpulannya, penggunaan perangkat teknologi secara intensif dapat berdampak pada kesehatan mental di kalangan orang dewasa muda," kata Thomee. Penelitian ini juga mengungkapkan bahwa penggunaan gadget terkait dengan peningkatan masalah tidur pada pria dan peningkatan gejala depresi baik pada pria maupun perempuan.
Sering menggunakan komputer tanpa istirahat juga meningkatkan risiko stres, masalah tidur, dan gejala depresi pada perempuan. Sementara itu, pria yang menggunakan komputer secara intensif lebih mungkin untuk mengalami masalah tidur.

Thomee pun menyarankan adanya panduan untuk kaum muda dalam hal penggunaan teknologi yang sehat. "Ini bisa dilakukan dengan beristirahat sejenak dari penggunaan gadget dan membatasi waktu penggunaannya," kata Thomee.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PAT MATA PELAJARAN IPA (PENILAIAN AKHIR TAHUN) KELAS VI BY QUIZIZZ

Assalamualaikum anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini? semoga selalu dalam keadaan sehat, ya. Karena sudah memasuki waktu PAT, kali ini Ib...