Rabu, 28 Oktober 2015

MENGAPA KITA HARUS TERTAWA?


Kita sering mendegar "ketawa adalah obat dari segala penyakit". Kata tersebut boleh saja dikatakan karena sudah banyak riset yang membuktikan bahwa ketawa dapat meningkatkan kesehatan tubuh kita.
Berikut terdapat 7 alasan ilmiah mengapa kamu harus lebih banyak ketawa

1. Membantu kesehatan pembulu darah

Tertawa dapat memicu pelebaran jaringan yang membentuk lapisan dalam pembulu darah, sehingga meningkatkan aliran darah. Kata seorang peneliti Michael miller "Tertawa penting untuk menhaga endotel yang sehat dan mengurangi resiko penyakit kardiovaskular".

2. Meningkatkan kesehatan emosional

Tertawa memicu pusat emosional otak, dan memhasilkan dopamin, dimana dapat membantu otak untuk memproses respon emosional dan meningkatkan rasa bahagia.

3. Tertawa memainkan peran penting dalam interaksi sosial

Tertawa sudah ada sebelum manusia mengenal bahasa. Artinya tertawa adalah naluri manusia dalam melakukan interaksi sosial.
Tertawa memainkan peran penting dalam mengatur komunikasi antar manusia dan juga memfasilitasi ikatan sosial antara kelompok individu. Rasa humor penting dalam komunikasi interpesonal dan merupakan kompenen penting dalam kompetensi sosial.

4. Membuat kamu lebih menarik

Sebuah studi menunjukkan bahwa pria dengan rasa humoris yang tinggi terlihat lebih menarik. Sebaliknya, pria lebih tertarik kepada wanita yang tertawa setelah mendengar lelucon mereka. Juga terdapat pendapat bahwa memiliki rasa humoris yang baik dalam wawancara kerja meningkatkan peluang kamu untuk bisa diterima.

5. Menurunkan tingkat stress dan kecemasan

Humor dapat meningkatkan kemampuan kamu dalam mengatasi situasi yang sulit. Humor juga dapat meringankan efek buruk stress terhadap kesehatan, membantu kamu melihat sisi baik dari hal yang buruk dan menurut riset tertawa adalah sesuatu yang menular, jadi mengapa kita tidak membantu orang disekitar kita untuk menjadi lebih sehat dengan tertawa?

6. Memperkuat sistem kekebalan tubuh

Setiap hari nya kita di bebani oleh hal-hal yang membuat pikiran kita menjadi stres, dari hal yang kecil sampai masalah yang besar. Tentunya stres tersebut dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh kita. Rasa humoris yang baik dapat melindungi kita dari menurunnya sistem kekebalan akibat stres dan tentunya juga dapat membantu mencegah berbagai penyakit.

7. Bermanfaat untuk sistem pernapasan

Tertawa adalah cara tercepat dan termudah untuk mengatur pernapasan dan membersihkan paru-paru. Hal tersebut menyebabkan peningkatan langsung denyut jantung, laju pernapasan dan konsumsi oksigen. Tertawa juga memungkinkan kamu untuk pernapas dengan lebih dalam, meningkatkan kesehatan pernafasan teturama bagi mereka yang menderita penyakit asma.

Nah, bagaimana sekarang sudah taukan alasan mengapa kita perlu tertawa. Oleh karena itu, mulai saat ini mari tertawa! tertawa itu menyehatkan, loh! XD :P

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PAT MATA PELAJARAN IPA (PENILAIAN AKHIR TAHUN) KELAS VI BY QUIZIZZ

Assalamualaikum anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini? semoga selalu dalam keadaan sehat, ya. Karena sudah memasuki waktu PAT, kali ini Ib...