Sabtu, 31 Oktober 2015

Menulis Tidak Kalah Pamor Dengan Mengetik!

 Menulis Tidak Kalah Pamor Dengan Mengetik!


 

Kebiasaan menulis tangan mulai tergantikan dengan pola mengetik di zaman sekarang. Tak bisa dimungkiri, mengetik dirasa lebih praktis oleh generasi masa kini. 

Kelebihan dari proses mengetik itu pun diamini oleh ahli pendidikan di Finlandia. Seperti dilansir The Guardian, mulai 2016 nanti pelajaran menulis indah akan diganti kemampuan mengetik dengan keyboard.


Revolusi menulis pun kini semakin terasa. Meskipun sebenarnya, baik menulis atau mengetik punya kelebihan dan kekurangan masing-masing. Keduanya dapat saling mempengaruhi kehidupan Anda dari berbagai sisi. Berikut ini beberapa alasannya:


Daya ingat 
Daya ingat pada saat menulis dirangsang dengan adanya gerakan tangan. Menulis juga mengizinkan Anda mencerna informasi sebelum dicatat. Berdasarkan studi Anne Mangen dari University of Stavangers Reading Centre, menulis dengan tangan meninggalkan jejak di sensorimotor pada otak manusia. Bagian ini meningkatkan kemampuan visual mengenal huruf dan angka sehingga Anda lebih ingat apapun yang ditulis. Sementara itu, proses berpikir hilang ketika Anda mengetik. Anda dapat dengan cepat menyalin kata per kata dari lawan bicara tanpa harus menyerap informasi yang ada.


Proses belajar 
Ada banyak hal bisa mengganggu Anda ketika mengetik. Perangkat komputer atau ponsel membuka pintu pada beragam gangguan, seperti godaan menonton video di internet atau berkirim pesan dengan teman. Pada saat menulis tangan, Anda bisa lebih fokus karena tidak ada hal lain yang ditawarkan. Hanya ada Anda, catatan, dan beragam tugas yang harus selesai di depan mata.


Hemat waktu
Menulis tangan memang diakui memakan waktu lebih lama ketimbang proses mengetik. Anda masih harus memindahkan tulisan pada format digital jika ingin dikirimkan pada orang lain. Sementara jika mengetik, hasilnya dapat langsung dicetak atau digandakan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PAT MATA PELAJARAN IPA (PENILAIAN AKHIR TAHUN) KELAS VI BY QUIZIZZ

Assalamualaikum anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini? semoga selalu dalam keadaan sehat, ya. Karena sudah memasuki waktu PAT, kali ini Ib...