Jumat, 09 Oktober 2015

 Tentang Sinapsis


 
Pada Pertemuan kedua, Pak Adang memberikan pengajaran filsafat melalui tontonan film mengenai sistem kerja otak manusia. Namun, karena infokus kelas yang agak bermasalah, film tersebut terlihat agak kurang jelas. Ada satu bagian yang membuat saya tertarik dalam film tersebut, yaitu 'sinapsis'. Nah, ternayat sinapsis inilah yang bekerja apabila kita sedang berfikir atau mengerjakan sesuatu. Istilahnya, dia membentuk jembatan antara satu sel ke satu sel lainnya. Dan yang paling saya senangi adalah, cara kerjanya ialah dengan melompat dari satu sel ke sel lainnya  yang kecil dan sempit. Ternyata butuh latihan dan asahan apabila kita ingin sinap dalam otak kita bisa loncat. Dan untuk penjelasan lebih lanjutnya tentang apa itu sinap, mari kita simak.

APA ITU SINAPSIS?
Sinapsis merupakan hubungan penyampaian impuls dari satu neuron ke neuron yang lain. Peristiwa ini terjadi dari ujung percabangan akson dengan ujung dendrit neuron yang lain. Celah antara satu neuron dengan neuron yang lain disebut dengan celah sinapsis.
Loncatan-loncatan listrik yang bermuatan ion terjadi di dalam celah sinapsis,baik ion positif dan ion negatif. Pergantian antara impuls yang satu dengan yang lain juga terjadi di dalam celah sinapsis ini, sehingga diperlukan enzim kolinetarase untuk menetralkan asetilkolin pembawa impuls yang ada. Penyampaian impuls dengan bantuan zat kimia berupa asetilkolin yang berperan sebagai pengirim (transmitter) terdapat dalam celah sinapsis juga. 

 MACAM-MACAM SINAPSIS

 Macam-macam sinapsis berdasarkan impuls saraf yang melewatinya, antara lain:
  • Sinapsis listrik, sinapsis yang dilalui oleh impuls arus listrik. Biasanya terdapat di antara sesama neuron.
  • Sinapsis kimia, sinapsis yang dilalalui oleh impuls kimia, berupa neurotransmiter yaitu: hormon yang dihasilkan oleh neuron dan disalurkan ke celah sinaps. Biasanya terdapat  di antara neuron dan efektor. 

Macam-macam sinapsis berdasarkan fungsinya:
  • Sinapsis aksodendrit, menghubungkan dendrit dari neuron lain dengan akson dari neuron lainya
  • Sinapsis aksosomatik,  menghubungkan akson dari satu neuron dengan badan sel saraf dari neuron lainnya
  1. Sinapsis aksoaksonik, menghubungkan akson dari neuron lain dengan akson dari neuron lainya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PAT MATA PELAJARAN IPA (PENILAIAN AKHIR TAHUN) KELAS VI BY QUIZIZZ

Assalamualaikum anak-anak, bagaimana kabarnya hari ini? semoga selalu dalam keadaan sehat, ya. Karena sudah memasuki waktu PAT, kali ini Ib...